Disangka Meninggal, Rumah Sakit Buang Bayi

http://i.okezone.com/content/2011/11/04/413/524919/2DcYkqWU1s.jpg
BEIJING - Sebuah rumah sakit di China menghukum empat orang petugas medisnya setelah membuang bayi yang masih dalam keadaan bernapas. Keempat petugas medis tersebut salah melakukan diagnosa dengan menilai bayi itu sudah meninggal.

Pihak Dinas Kesehatan Provinsi Guangdong saat ini melakukan penyelidikan dari insiden yang terjadi pada 26 Oktober lalu di Rumah Sakit Palang Merah Nanhai di Foshan.

Kejadian ini berawal saat Liu Dongmei, seorang ibu yang tengah hamil delapan bulan dilarikan ke rumah sakit itu ketika mengalami pendarahan. Perempuan itu pun terpaksa melahirkan anaknya secara darurat.

Ketika bayi Liu lahir, medis melihat bayi tersebut tidak bernapas ataupun menangis. Saat sudah keluar dari perut Ibunya, kondisi bayi itupun sudah membiru.

Yakin bahwa bayi tersebut sudah tidak bernyawa lagi, tim medis pun dikabarkan membuang bayi tersebut tanpa melalui prosedur rumah sakit. Saat adik ipar Liu meminta jasad bayi tersebut 30 menit setelah dilahirkan, ternyata bayinya masih hidup.

"Saya buka plastik yang menutupnya dan melihat tangan dan kaki bayi itu bergerak-gerak. Sementara perutnya pun naik turut, serta gelombang udara keluar dari mulutnya," ucap adir ipar Liu seperti dikutip AFP, Jumat (4/11/2011).

Satu hal lagi yang membuatnya terkejut adalah, bayi itu ternyata berjenis kelamin laki-laki bukan perempuan yang diutarakan oleh pihak rumah sakit sebelumnya. Menurut keterangan media setempat, para perawat sengaja mengatakan bayi itu perempuan dengan maksud menutupi kesalahan mereka.

Menyusul penemuan tersebut, bayi yang baru lahir tersebut langsung dilarikan ke unit gawat darurat untuk mendapatkan perawatan. Bayi tersebut saat ini dikabarkan dalam kondisi stabil.




sumber : http://international.okezone.com/read/2011/11/04/413/524919/disangka-meninggal-rumah-sakit-buang-bayi